'/> '/> Download Mekanisme Pelaksanaan Dan Sistematika Ptk Yang Benar Berdasarkan Lpmp

Info Populer 2022

Download Mekanisme Pelaksanaan Dan Sistematika Ptk Yang Benar Berdasarkan Lpmp

Download Mekanisme Pelaksanaan Dan Sistematika Ptk Yang Benar Berdasarkan Lpmp
Download Mekanisme Pelaksanaan Dan Sistematika Ptk Yang Benar Berdasarkan Lpmp
DOWNLOAD PROSEDUR PELAKSANAAN DAN SISTEMATIKA PTK YANG BENAR MENURUT LPMP- Sistematika Penulisan PTK-Penelitian Tindakan Kelas

HAKIKAT PTK
Penelitian tindakan kelas atau yang lebih dikenal dengan sebutan PTK yaitu studi sistematis yang dilakukan oleh guru dalam upaya memperbaiki praktik praktik dalam pend

 DOWNLOAD PROSEDUR PELAKSANAAN DAN SISTEMATIKA PTK YANG BENAR MENURUT LPMP DOWNLOAD PROSEDUR PELAKSANAAN DAN SISTEMATIKA PTK YANG BENAR MENURUT LPMP
idikan dengan melaksanakan tindakan mudah serta refleksi dari tindakan tersebut.

PTK tersebut dilakukan oleh guru yang bertujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya sehingga berfokus sempurna di proses dan hasil mencar ilmu yang terjadi di kelas. Sebagai upaya perbaikan terhadap proses pembelajaran di kelas, dalam PTK terdapat tindakan kasatmata guru dalam proses pembelajaran yang diyakini lebih baik dari biasa dilakukan. Guru yang profesional akan segera melaksanakan sesuatu tindakan bila di kelasnya terjadi problem atau permasalahan yang mengurangi mutu proses dan hasil pembelajaran.


RAMBU-RAMBU SISTEMATIKA LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

A.   Judul; singkat, spesifik, menggambaran masalah, tindakan, hasil, dan lokasi

B.   Kata Pengantar; melibutkan proses pelaksanaan PTK dan perlunya dilakukan PTK

C.   Daftar isi

D.   Abstak; melibutkan uraian umum dan lengkap yang disajikan secara singkat (lebih

       kurang 1-2 halaman, ditulis dengan spasi tunggal,

E.   Bab I Pendahuluan 
Latar belakang; melibutkan sehubungan kondisi kasatmata banyak sekali hal yang terjadi di sekolah, bersifat penting dan mendesak untuk dipecahkan, upaya dan alasan pemecahan maslah, alasa mengapa maslah tersebut penting untuk dipecahkan.
Rumusan maslah; kalimat tanya yang melibutkan sehubungan: indikator kasus yang akan dipecahkan, tindakan yang akan dilakukan, dan subyek yang akan dikenai tindakan.
Tujuan: melibutkan tujuan umum, tujuan khusus atau cukup tujuan melibutkan sehubungan tujuan yang sanggup diukur ketercapaiannya. 
Hipotesis: melibutkan dugaan sementara sehubungan hasil yang akan dicapai kalau kasus tersebut digarap.
Manfaat: berupa manfaat bagi siswa, guru, sekolah, atau komponen yang terkait. lebih baik kemukakan hal yang berupa inovasi.
F.  Bab II Kajian Teori

Berisi sehubungan teori yang mendasari penelitian, yakni berkaitan dengan kondisi

pembelajaran. Masalah yang akan dipecahkan, taktik yang akan digunakan, dan prestasi mencar ilmu siswa yang diidealkan. Kajian teori tersebut paling tidak sanggup mengungkapkan sehubungan: What (apa) berupa definisi atau pengertian, Who(siapa) berupa siapa penemu atau pendapat siapa, Why (mengapa) mengapa teori itu ada, How (bagaimana) teori itu dipakai atau hasil penelitian terdahulu (yang dilakukan orang lain).

G. Bab III Metode Penelitian
Rancangan penelitian; melibutkan jenis penelitian, rancangan yang digunakan, siklus yang direncanakan, cara pengumpulan dan analisis data.
Lokasi dan waktu penelitian; melibutkan sehubungan lokasi sekolah, kelas berapa, jumlah siswa, komposisi siswa, situasi lingkungan siswa, berapa usang penelitian dilakukan (sebutka antara waktu) 
Indikator keberhasilan; melibutkan berupa indikator keberhasilan yang menjadi acuankeberhasilan dalam setiap tindakan, berupa gradasi menyerupai (80-100: sangat berhasil, 60-79: berhasil, 40-59: cukup berhasil, 20-39: kurang berhasil, 0-19 : tidak berhasil, Kalu kemampuan kognitif yang diukur angka Kriteria Ketuntasan Minimal bisa dijadikan sebagai acuan. 
Prosedur penelitian (siklus tindakan); melibutkan tindakan tiap siklusnya, yang dalam setiap siklus berupa: acara perencanaan, acara pengamatan serta acara refleksi, refleksi sempurna di siklus pertama bisa dijadikan pola untuk perencanaan tindakan sempurna di siklus kedua dan seterusnya.
Instrumen yang digunakan; melibutkan paparan sehubungan alat pengumpulan data yang dipakai dan alasan pemanfaatannya, yang mencakup pedoman observasi, alat perekam, dll. 
Teknik pengumpulan data; melibutkan paparan sehubungan langkah-langkah dalam elaksanaan pengamatan, wawancara, derma evaluasi, dll.
Teknik analisis data; melibutkan paparan sehubungan proses pengolahan data, yang mencakup reduksi data, pembuatan tabel, pembuatan diagram, dll.

H. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan

Berisi hasil pengamatan dan observer, analisis data dan refleksi dari acara dalam setiap siklus. Hasil refleksi yaitu planning tindakan dalam tiap siklusnya. Hasil pengamatan berupa tindakan guru dan acara siswa.

I.   Bab V Simpulan dan Saran

Berisi final dari penelitian dan saran tindakan perbaikan atas hasil penelitian (bisa berupa rekomendasi)

Sumber : Buku Karya Tulis Ilmiah (KTI) Panduan, Teori, Per tes kempuan dan pemahaman dan contoh dan cara

Prof. Dr. H. Imam Suyitno, M.Pd Guru Besar Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang 234 halaman

Penerbit Aditama Tahun 2011

Untuk lebih lengkap dan jelasnya silahkan didownload di link berikut : 

Prosedur Pelaksanaan Penelitian [Download]

Sistematika Laporan Penelitian Tindakan [Download]

Itulah PROSEDUR PELAKSANAAN DAN SISTEMATIKA PTK YANG BENAR MENURUT LPMP senoga bisa bermanfaat bagi Ibu dan bapak.

Baca juga : 



Advertisement

Iklan Sidebar